Cara mudah konfigurasi virtualhost di localhost XAMPP windows, dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan manual.

Sebelum melanjutkan saya akan memberi penjelasan apa itu virtualhost

Virtualhost dapat dikatakan sebagai manajemen hosting dalam satu server atau 1 ip address dan bisa kita atur kemana sumber dari host tersebut, jadi kita bisa membuat banyak nama domain di satu server tersebut.

Nah pada tahap pengembangan website di lokal komputer (localhost) anda, biasanya kita sering mengakses website yang kita kembangkan dengan alamat localhost/namaproject.

Dengan penggunaan virtualhost kita bisa mengakses website yang kita kembangkan dengan namaproject.com atau .co, .test dan lain sebagainya atau sesuai dengan nama domain yang akan dijadikan live hosting.

Apa yang menjadi keuntungan dengan menggunakan virtualhost pada tahap pengembangan website ?

  • Kita bisa memisahkan antara instalasi XAMPP dengan sourcecode yang kita kembangkan jadi sourcecode tidak mesti ditaruh di xampp/htdocs, karena virtualhost akan mengatur kemana sumber code yang akan diakses.
  • Pada tahap pengembangan website, apabila anda menggunakan sistem authentikasi dengan google atau facebook login atau sebagainya. Maka virtualhost sangat berguna untuk melakukan ujicoba.

Oke cukup teorinya, tahapan konfigurasinya seperti ini :

Edit file hosts

C:\Windows\System32\drivers\etc

Buka file hosts dengan text editor ( Anda harus membuka file tersebut dengan Administrator / Run as Administrator agar file hosts bisa tersimpan). Kemudian tambahkan seperti contoh dibawah ini di akhir file :

127.0.0.0 namaproject.com

Anda bebas menentukan namanya bisa .co, .local, .co.id sesuai dengan kebutuhan anda.

Aktifkan Virtual Hosts di httpd.conf

File httpd.conf dapat ditemukan di C:\xampp\apache\conf\httpd.conf Cari baris seperti dibawah kemudian hilangkan tanda pagar :

# Include conf/extra/httpd-vhosts.conf 
// hilangkan tanda pagar #
Include conf/extra/httpd-vhosts.conf 

Kemudian langkah terakhir adalah menambahkan virtualhost untuk masing-masing project, caranya buka file httpd-vhosts.conf dengan text editor di C:\xampp\apache\conf\httpd-vhosts.conf, kemudian tambahkan seperti contoh dibawah :

 
  <VirtualHost *:80>
  DocumentRoot "D:/path/ke/project/source/code"
  ServerName namaproject.co
  <Directory "D:/path/ke/project/source/code">
  AllowOverride All
  Require local
  <Directory>
  </VirtualHost>

Oke sekarang saatnya restart apache di xampp anda kemudian akses di browser dengan nama virtualhost yang telah anda buat.

Mudah bukan, tulis pertanyaan anda di kolom komentar.